KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Pemerintah pada Kamis (1/4/2021), akhirnya meresmikan pengenaan insentif Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) bagi mobil baru dengan kubikasi mesin sampai 2.500 cc. Hal ini termaktub pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 31/PKM.010/2021 tentang Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021.

Dari skema tersebut, semua varian Honda HR-V bisa mendapatkan diskon pajak. Seperti diketahui, sebelumnya hanya HR-V varian 1.500 cc saja yang dapat menikmati kebijakan tersebut.

Serta sejumlah model yang memiliki kapasitas di bawah 1.500 cc, seperti Brio RS, Mobilio, dan BR-V.
Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan, total ada delapan produk HPM yang menerima insentif pajak. “Semalam sudah keluar aturan resmi dari kementerian terkait. Tambahan untuk produk Honda yaitu semua varian CR-V, HR-V 1.8 dan City Hatchback,” ucap Billy kepada Kompas.com, Jumat (2/4/2021).

Dari ketiga model yang baru menerima insentif PPnBM pada April 2021, CR-V mendapatkan potongan paling besar, Rp 28 jutaan sampai Rp 36 jutaan. Sedangkan untuk HR-V 1.8 mendapatkan potongan sebesar Rp 25 jutaan.
Dengan insentif PPnBM, harga HR-V baru saat ini dijual mulai Rp 284,2 juta (tipe S M/T) sampai Rp 402,3 juta (tipe 1.8 Prestige). Namun bagi Anda yang memiliki dana terbatas, tak ada salahnya untuk mengincar HR-V bekas.

Sebab dari beberapa situs jual beli online, HR-V sudah dihargai terjangkau mulai Rp 190 jutaan sampai Rp 210 jutaan untuk keluaran 2015.
Joni Gunawan, pebisnis mobil bekas di WTC Mangga Dua, mengatakan, harga Low SUV bekas yang terdampak relaksasi PPnBM umumnya merupakan model tahun muda.

Oleh sebab itu, konsumen biasanya bakal melirik model barunya sekalian karena harga yang tidak terpaut jauh. Sementara bagi yang punya dana kisaran Rp 200 jutaan, ada baiknya cari HR-V berusia 5 tahun ke atas atau model keluaran pertama. “HR-V salah satu SUV yang punya harga bertahan di pasaran, ada banyak pilihannya di rentang Rp 200 jutaan,” kata dia, kepada Kompas.com belum lama ini.