JAKARTA, KOMPAS.com – PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim adanya peningkatan pemesanan kendaraan yang signifikan sejak insentif PPnBM berlaku. Terutama bagi HR-V 1.5L dan Brio RS. Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, pemesanan kedua model tersebut membeludak drastis hingga saat ini. “Kalau dilihat sampai 21 Maret, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, total pemesanan itu meningkat sampai 50 persen,” ujar Billy dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (25/3/2021).

“Model yang terdampak relaksasi dan pemesanannya meningkat sampai 80 persen lebih itu HR-V 1.5L dan Brio RS. Jadi naik dibandingkan periode yang sama dari bulan sebelumnya,” kata dia.

Billy berharap tren peningkatan pemesanan pada jajaran produknya bisa terus berlanjut di bulan-bulan berikutnya. Namun demikian, di tengah tingginya pemesanan, ada persoalan baru yang sekaligus jadi tantangan besar, yakni terkait pemenuhan dari pemesanan unit tersebut. “Banyak tantangan, salah satunya bagaimana kami harus menyediakan atau menyuplai unit sesuai dengan permintaan konsumen dengan secepat-cepatnya. Karena permintaan mendadak tinggi, kami perlu kesiapan juga,” ucap Billy.

Seperti diketahui, dalam program relaksasi yang digulirkan pemerintah, ada empat model Honda yang menikmati potongan harga dari PPnBM. Mulai dari Brio RS, Mobilio, BR-V, dan HR-V 1.5L.